Senin, 04 Februari 2013

otitis media kronis


Dalam cerita sebelumnya, aku telah menceritakan bagaimana aku mengenal siapa orang yang ada saat aku ‘tidak ada’.
Mungkin dari kalian bertanya-tanya, “Sakit apaan sih? Kok sampe begitu?” Berikut ini adalah sedikit ulasan mengenai penyakit ku. Dalam bahasa kedokteran dikenal dengan Otitis Media Kronis atau Otitis Media Surpuratif Kronis. Kalau aku bilang, gendang telinga ku robek dan terkadang mengeluarkan cairan. Aku mempunyai Dokter THT di Lampung yang sudah selama 3 tahun aku berobat dengannya. Mari kita telaah bahasa kedokteran tersebut.

Definisi Otitis Media (Peradangan Telinga Tengah)

Otitis media adalah peradangan dari telinga tengah. "Otitis" berarti peradangan dari telinga, dan "media" artinya tengah. Peradangan ini seringkali mulai dengan infeksi-infeksi yang menyebabkan sakit tenggorokan, selesma-selesma atau persoalan-persoalan pernapasan lainnya, dan menyebar ke telinga tengah. Ini dapat disebabkan oleh virus-virus atau bakteri-bakteri, dan dapat menjadi akut atau kronis.

Otitis media akut biasanya adalah dari yang timbulnya cepat dan berdurasi pendek. Otitis media akut biasanya berhubungan dengan akumulasi cairan di telinga tengah bersama dengan tanda-tanda atau gejala-gejala dari infeksi telinga; gendang telinga yang menonjol biasanya disertai dengan nyeri, atau gendang telinga yang berlubang, seringkali dengan aliran dari materi yang bernanah. Demam dapat hadir.

Otitis media kronis adalah peradangan telinga tengah yang gigih, secara khas untuk sedikitnya satu bulan. Ini adalah berbeda dengan infeksi telinga akut (otitis media akut) yang biasanya berlangsung hanya beberapa minggu. Setelah infeksi akut, cairan (effusion) mungkin tertinggal dibelakang gendang telinga (tympanic membrane) untuk sampai dengan tiga bulan sebelum menghilang. Otitis media kronis mungkin berkembang setelah periode waktu yang berkepanjangan dengan cairan (effusion) atau tekanan negatif dibelakang gendang telinga (tympanic membrane). Otitis media kronis dapat menyebabkan kerusakan yang terus menerus pada telinga tengah dan gendang telinga dan mungkin ada aliran yang terus menerus melalui lubang pada gendang telinga. Otitis media kronis seringkali mulai tanpa nyeri dan demam. Tekanan telinga atau telinga yang meletus dapat menjadi gigih untuk berbulan-bulan. Adakalanya kehilangan pendengaran yang tidak kentara dapat disebabkan oleh otitis media kronis.

Itulah sedikit ulasan yang aku dapat dari search di Google. Tepatnya di web www.totalkesehatananda.com
Menurut Dokter, satu-satunya cara agar sakitku hilang hanya dengan operasi gendang telinga. Dimana gendang telingaku akan ditutup secara permanen oleh selaput tipis. Namun operasi ini hanya bisa dilakukan di luar wilayah Lampung, yakni Jakarta atau Palembang.
Teman, Tuhan selalu tahu yang terbaik untuk  kita J

Tidak ada komentar: